Selasa, 30 Oktober 2012

[Pre]marital test : Vaksin Tetanus Toksoid (TT)

Sebelum menikah yang dipersiapkan bukan hanya kesiapan acara ya, ada yang lainnya juga yang tidak kalah penting. KUA/Pemerintah dalam hal ini memberikan syarat sebelum menikah, yaitu calon mempelai wanita harus melakukan suntik vaksin Tetanus Toksoid (TT) dengan menunjukkan surat keterangan bebas tetanus toksoid (TT) sebagai kelengkapan syaratnya.

Kenapa cpw harus diwajibkan suntik sih?

Pasti ada penjelasannya kan? Masa iya kita dulu udah pernah disuntik trus harus disuntik lagi. Vaksin TT dianggap penting karena tetanus pernah jadi momok yang berakibat kematian bayi di Indonesia. Di tahun 1980-an, tetanus menduduki peringkat teratas sebagai penyebab kematian bayi berusia di bawah satu bulan. Meskipun kini kasus serupa itu sudah menurun, ancamannya masih ada, sehingga perlu diwaspadai.

Makanya gak mau kan klo anak kita nantinya kenapa-kenapa, makanya ayoooo suntik TT walaupun awalnya sakit berasa pegel-pegel tapi efeknya jangka panjang dan insyaallah tidak merugikan siapa-siapa. :)

Kamis, 25 Oktober 2012

Si cami dapet ijin buat ngurusin persiapan nikah, dari urusan KUA, Undangan sampe nemenin saya suntik TT di Puskesmas terdekat. Let's roll .....

09.00 WIB

Janjian yang ngaret ... Krik krik ... Rumah deketan tapi tetep aja kalo ngaret lama, berasa kaya kena macet di Jakarta.

09.30 WIB

Akhirnya si cami BBM kalo mo mandi dan siap-siap ke rumah, hoaammm .... Saya sudah siap trus bobo-boboan lagi deh hoaammm ...

10.00 WIB

Alhamdulillah si cami datang juga, thanks god.
Langsung buru-buru jalan, soalnya tau klo puskesmas pasti ngantri mana besok long weekend. Sudah bisa dipastikan pegawai negeri sipil itu pasti udah semangat pulang, dan bener aja. Sampe di Puskesmas ngambil antrian trus isi administrasi trus nunggu ....

15 menit kemudian ......

30 menit kemudian ......

Masih belum ada pasien yang keluar dari ruangan apalagi yang masuk, smua masih anteng duduk di kursi tunggu. ENOUGH! akhirnya saya memutuskan untuk ke KUA dulu. Cussss deh ke KUA.

11.00 WIB

Nunggu antrian sebentar, langsung ketemu Kepala KUA, langsung di interview ba bi bu ... Si cami menjawab semua pertanyaan seputar data pribadi (alamat, ttl, pekerjaan, dll). Setelah beres smua sampailah pada ceramaah seputar pernikahan singkat dari pak Kepala KUA dan diakhiri dengan sodoran surat bantuan se-ikhlas-nya untuk pembangunan TK yang ada di belakang KUA.
Entah kenapa sedikit aneh, kenapa KUA minta dana bantuan untuk TK. Padahal saya tinggal di depan KUA, walaupun memang beda RT sih. Tapi sedikit aneh deh. Dia juga menjelaskan bahwa biaya penghulu adalah 250.000,- belum di tambah bla bla bla .... Pak, mo nikah aja kok banyak banget yang uang kepretnyaaa ... Untuk transportasi (karena harus kerja di luar hari kerja, Rumah jauh, dll).
Errr ... gak bisa ya kalo gak usah dikit-dikit UANG dikit-dikit UANG???

12.00 WIB

Balik lagi ke Puskesmas, menunggu 15 menit langsung masuk ... Alhamdulillah, tapiiiiiiiiii jangan salah. Saya malah lama di dalam ruangan, bukan karena di periksa tapi karena di tinggal ngobrol. Perasaan cuma di suntik tapi kok di anggurin lama. Biaya suntik TT di Puskesmas 10.000,-.

Ya begitulah perjalanan dan perjuangan (menunggu) saya hari itu,,
Capek nunggunya sih, buat kalian yang mau menikah siapin tenaga dan jangan kecapeannya.


Sumber : kompas.com


Stay Health, Stay Fresh

W | U | L | A | N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar